Selasa, 28 September 2010

Tips agar otak kita optimal dalam mengingat sesuatu :

·      Makan ikan. Karena DHA dapat meningkatkan perbaikan lapisan pelindung disekitar syaraf, atau dapat pula dengan mengkonsumsi yogurt.

·      Mengkonsumsi blueberry. Penelitian baru menunjukkan bahwa buah berwarna gelap membantu menajamkan proses berfikir.

·      Mencoba makan dengan menggunakan sumpit, merajut atau sesering munkin menulis dengan pulpen atau pensil. Penelitian menunjukan bahwa dengan melibatkan sel-sel syaraf diujung jari secara langsung dapat merangsang otak anda dengan meningkatkan peredaran darah.

·      Gosok gigi. Kesehatan gigi sering dikaitkan dengan kesehatan otak karena penyakit yang menyerang gusi dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif pada orang dewasa, demikian menurut penelitian para psikiater dan dokter gigi dari Inggris.

·      Bermain puzzle. Dalam sebuah survei yang dilakukan University of Alabama yang dilakukan selama 10 sesi latihan dalam waktu 60-75 menit, bermain puzzle dapat menajamkan fungsi kemampuan mental sehingga otak berfungsi layaknya orang yang berusia 10 tahun lebih muda.

·      Perhatian. Bila kita ingin selalu mengingat apa yang dikatakan seseorang, kita harus memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan orang tersebut. Perhatikan setiap detail perkataannya.

·      Gunakan seluruh panca indera. Semakin banyak menggunakan panca indera dalam memperhatikan sesuatumaka akan semakin lama ingatan tersebut membekas di otak.

·      Hubungkan dengan sesuatu. Menghubungkan suatu benda dengan benda yang lain akan membantu mengingat benda tersebut. Perhatikan dengan seksama apa yang unik dan berbeda dari hal tersebut.

·      Mengulang. Teruslah mengulang apa yang ingin kita ingat. Para ahli dibidang perotakan mengatakan bahwa otak manusia hanya mampu mengingat 7 bagian informasi dalam kurang dari 30 detik.

·      Olah raga yang cukup. Olahraga terutama yang meningkatkan sirkulasi ke otak akan meningkatkan fungsi otak secara maksimal.

·      Tidur yang cukup. Saat kita terlelap beberapa jam diawal tidur, otak kita akan menyibukan diri memproses segala informasi yang kita pelajari sebelumnya.


Bila kita mengalami kelupaan, yang harus kita lakukan adalah jangan panik. Cobalah menenangkan pikiran dan tak ada salahnya mencoba tips-tips di atas. Keberhasilan kita tergantung pada diri sendiri. Sehatkan tubuh, agar pikiran kita tetap jernih dan stabil.





0 komentar:

Posting Komentar