Sabtu, 19 Maret 2011

Menelaah sifat Bangsa Korea Berdasarkan Letak Geografisnya


Korea adalah sebuah Negara tua yang terletak di bumi bagian timur yang merupakan penghubung antara Asia Timur Laut dengan dunia luar, terutama dengan Jepang. Semenanjung Korea terletak antara 33,60’ dan 43 lintang utara serta 124,11’ dan 131,52’ bujur timur. Panjangnya +1000km, sedangkan lebarnya 216km. Semenanjung ini dipisahkan pada sebelah utara Sungai Amnok (Yalu) dan Du-man (Tumen). Ditengah dua sungai itu terletak gunung Baek-du, yang berarti gunung bertopi putih (gunung suci).

Orang Korea berasal dari keturunan suku bangsa Mongolia namun memisahkan diri dan membentuk suatu bangsa yang Homogen, yaitu bangsa Korea. Semenanjung Korea pada masa lampau terkenal dengan sebutan ’Kerajaan Kaum Petapa’ dan ’Tanah dari Pagi yang Tenang’.

Orang Korea merupakan pekerja yang sangat giat, jika sedang mengerjakan sesuatu harus segera diselesaikan sampai larut sekalipun. Karena pekerjaan yang menimbulkan rasa bosan, penat, tekanan batin, dan lain sebagainya, orang Korea suka minum-minuman keras. Menurut orang Korea, dengan minum-minuman keras orang dapat bertukar pikiran atau menyelesaikan masalah. Selain itu orang Korea dikenal sebagai orang-orang ramah dari Timur karena selalu menghormati orang yang usianya lebih tua yang dimaksudkan untuk menempatkan status orang yang baru dikenalnya dalam tata pergaulan.

Orang Korea tidak melupakan masa baktinya terhadap orang tuanya, tidak hanya ketika masih hidup tetapi juga yang sudah meninggal. Dalam buku catatan keluarga yang tersimpan dalam perpustakaan umu, mereka dapat mencari dan mengetahui silsilah keluarga sampai pada nama diri mereka masing-masing. Buku itu bernama jok-bo, yang berarti kitab keluarga. Sejak zaman dahulu, menulis silsilah merupakan adat-istiadat bangsa Korea. Sulur galur berasal dari catatan keluarga raja. Dalam buku ini tercantum bermacam-macam kebenaran yang penting. Catatan didalamnya berguna untuk mengetahui peristiwa yang terjadi pada masa lampau sebab dalam buku tersebut terdapat / tertulis kenyataan yang benar.

Sifat orang Korea yaitu tidak mau menambahkan harta bendanya sendiri dan hanya memelihara atau mempertahankan hal yang sudah dimilikinya, bangsa Korea senantiasa merasa puas pada negara dan bangsanya sendiri. Mereka mencoba mengembangkan apa yang mereka dapat tanpa menjauh dari yang asli. Sifat orang Korea yang selalu terburu-buru itu berasal dari letak negara dan lingkungan hidupnya sendiri. Orang Korea juga sering mengejar kekayaan, kehormatan, dan kedudukan tinggi dalam waktu yang bersamaan. Bangsa ini mempunyai satu wajah dengan satu hati. Mereka berkata keras-keras, suka marah, suka tertawa, suka membuat janji, suka minum-minuman keras, hal itu karena sifat keterbukaan yang mereka miliki.

Seperti Jepang, Korea adalah negara yang memiliki tradisi dan sejarah yang panjang. Proses modernisasi dan pembangunan yang pesat tidak menghilangkan sosial budaya dan adat istiadat yang diwarisinya secara turun temurun. Malah, orang Korea masih mempertahankan dan menerapkan nilai dan cara hidup lama. Meski begitu, mereka tidak menolak cara hidup modern dan pembaharuan yang terjadi di dunia.

Jika bangsa Jepang memiliki budaya kerja yang unggul dengan sifat kerajinan dan kedisiplinan rakyat Korea juga demikian Orang Korea tidak mengabaikan waktu kerja meskipun waktu bekerja telah ditetapkan. Jika istri pekerja Jepang merasa heran bila suami mereka pulang lebih awal, maka pekerja Korea juga merasa tidak sopan jika pulang lebih dahulu sebelum pimpinan mereka pulang.

Dengan bekerja sampai malam, pemimpin menjadi teladan karyawannya. Bangsa Korea tidak hanya memiliki sifat pekerja keras, tetapi juga komitmen yang tinggi pada pekerjaannya. Mereka juga bekerja dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Saat bekerja, bangsa Korea tidak melibatkan urusan pribadi karena mereka bersikap profesional.




Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar