Jumat, 30 September 2011

Internet Menurut Mahasiswa

Saat ini, internet sudah seperti makanan sehari-hari bagi sebagian besar penduduk di bumi. Hal tersebut bisa disebabkan makin mudahnya mengakses internet dan tingginya kebutuhan manusia akan internet. Internet bisa menjadi sarana untuk mencari informasi, komunikasi, hiburan, bahkan berinvestasipun kini dapat dilakukan dengan internet. Tetapi, sering pula internet menjadi sarana untuk melakukan kejahatan.

Pada kali ini saya akan mencoba memberikan pendapat saya sebagai mahasiswa mengenai internet.

Menurut saya, internet sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya bagi dunia pendidikan. Kini, hanya dengan mengetik keywords suatu hal yang ingin kita ketahui dapat dengan mudah kita ketahui menggunakan internet. Bagi mahasiswa dan pelajar tentunya hal itu dapat digunakan untuk mempermudah mengerjakan tugas, belajar dan juga mempermudah untuk mencari informasi atau berita terkini dengan cepat.

Bukan hanya untuk mencari informasi, internet juga dapat digunakan sebagai media komunikasi. Kini, banyak jejaring sosial yang bermunculan seperti friendster, facebook, twitter, dll. Hanya dengan online di salah satu jejaring sosial tersebut, kita dapat sepuas-puasnya berkomunikasi dengan orang-orang yang kita kenal, bahkan orang-orang yang sudah lama tidak bertemu dapat kita temukan di jejaring sosial. Hal ini memiliki manfaat positif sebagai media untuk bersilaturahmi selain menggunakan surat, telepon, ataupun sms. Jejaring sosial juga dapat digunakan sebagai media curhat (curahan hati), karena mereka menawarkan menu update status yang biasanya kita manfaatkan untuk menuliskan hal-hal yang kita rasakan atau yang kita alami.

Internet juga berperan dalam media hiburan. Untuk mengurangi rasa jenuh, biasanya para mahasiswa dan pelajar menghibur dirinya dengan bermain game, mendengar lagu, atau menonton film. Dengan internet, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk membeli kaset sehingga menguras dompet kita. Karena dengan internet, kita dapat dengan mudah mendownload game, lagu, maupun film dengan mudah dan gratis.

Internet juga sangat berguna untuk berinvestasi. Kini banyak sekali orang-orang yang menggunakan internet sebagai mata pencaharian, seperti berdagang atau yang biasanya disebut dengan online shop. Dengan hanya bermodalkan internet, para wira usaha tersebut dapat dengan mudah memasarkan barang usahanya. Hal ini juga bermanfaat bagi pembeli. Kini kita tidak usah berjalan untuk membeli sesuatu. Cukup memesannya lewat internet, barang yang kita inginkan akan kita dapatkan.

Tetapi internet juga memiliki banyak dampak negatif. Seperti banyaknya orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan internet untuk kejahatan, contohnya penipuan. Dari segi informasi, internet juga memiliki dampak negatif. Misalnya, karena mudahnya seseorang mengaksesnya, banyak yang memanfaatkannya untuk mencari atau memasukkan hal-hal yang negatif seperti berita, gambar-gambar, atau video yang tidak pantas untuk dilihat dan didengar. Internet juga dapat berdampak negatif bagi orang-orang yang kecanduan internet, seperti orang-orang yang kecanduan game online dan jejaring sosial. Hal itu dapat berdampak buruk karena dapat merusak psikologis seperti malas untuk melakukan hal lain.

Harapan saya untuk internet ke depannya, khususnya untuk browser sebaiknya menyortir sesuatu yang masuk. Jangan sampai hal-hal yang seharusnya tidak didengar dan dilihat dapat diakses dengan mudah. Dan untuk internet saya berharap semoga ke depannya internet lebih maju lagi sehingga dapat lebih mempermudah pekerjaan. Dan juga saya berharap semoga internet dapat diakses sampai ke tempat yang terpencil sehingga dapat dimanfaatkan pula oleh orang-orang yang belum bisa memanfaatkan internet.

Demikian segelintir pendapat saya sebagai mahasiswa mengenai internet. Semoga kita dapat menggunakan internet dengan sebaik-baiknya dan sewajar-wajarnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tulisan saya ini. Karena yang sempurna hanyalah milik ALLAH SWT.



Referensi :

7 komentar:

ella novitaa mengatakan...

semoga kedepaan nya internet lebih maju maju lagi ke depaannya .maju jadi lebih baik trus leih berguna banget buat yg menggunakannya.aminnn aminnn,ya zaaa

Unknown mengatakan...

pengaruh positiv atau negativ, berasal dr diri kita yg mnggunakannn,, like this :)

Ewing mengatakan...

wah harapan kita sama, semoga internet bisa masuk ke polosok yang terdalam yah :)

Azizah Fathia mengatakan...

iya, semoga semua harapan kita dpt terkabul.
Amin yaa Robbal 'alamiin.

makasi kawan :)

fitri nurhayati mengatakan...

setujuh delapan sembilan.. *loh?

tapi tetep setujulah pokoknya kalo internet ada dimana mana :D

Ubi Singkong mengatakan...

Mari kita pergunakan internet secara bijak (n_n)

Rizky Dahnia mengatakan...

aminn...

Posting Komentar