Sabtu, 26 November 2011

Beberapa Kegunaan Internet Dalam Bidang Psikologi

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini, untuk memenuhi tugas softskill dan sebagai pembelajaran saya dalam menulis, saya akan mencoba menjelaskan beberapa kegunaan internet pada bidang psikologi dan saya juga akan membahas salah satu situs yang memuat tentang psikologi.

Sekarang ini, INTERNET memang sudah memberikan andil yang besar dalam membantu pekerjaan manusia sehari-hari karena internet hampir atau bahkan mengetahui segala ilmu di dunia salah satunya tentang psikologi.

Kini, banyak situs-situs di internet yang menawarkan tes-tes kepribadian. Ada pula beberapa situs yang menawarkan berkonsultasi via internet. Hal ini merupakan terobosan terbaru dalam dunia psikologi dari yang biasanya berkonsultasi dilakukan dengan tatap muka antara klien dengan psikolognya, kini konsultasi dapat dilakukan hanya dengan online pada situs yang menawarkan menu konsultasi dengan mudah dan GRATIS ! :D

Saya telah mencoba mengamati satu situs psikologi dimana didalam situs tersebut terdapat menu tes-tes kepribadian dan juga menu untuk berkonsultasi. Situs tersebut adalah www.e-psikologi.com.

Saat pertama kali membuka situs www.e-psikologi.com, akan muncul tampilan seperti ini


Banyak artikel-artikel tentang psikologi yang tersedia pada situs ini. Ada pula kuis-kuis atau tes-tes seputar psikologi, serta ada pula layanan konseling online.

Untuk mengikuti tes-tes psikologi dan layanan konseling online pada situs ini, kita harus log in terlebih dahulu. Jika belum menjadi member, kita dapat mendaftar terlebih dahulu.

Setelah log in, maka menu-menu layanan pada situs tersebut dapat diikuti.

Apabila ingin mengikuti tes diri, dapat memilih ikuti tes diri. Kemudian akan muncul pilihan-pilihan tes seperti di bawah ini

Jika telah memilih tes yang ingin diikuti, kita tinggal mengisi data pribadi di kolom atas, kemudian menjawab pertanyaan yang ada, kemudian klik submit.
Setelah itu, akan muncul hasil tes yang telah kita ikuti.

Jika ingin mengikuti layanan konseling online, pilih submit konseling baru. Kemudian akan muncul kolom untuk mengetik permasalahan seperti di bawah ini.

Kita tinggal mengetikkan data pribadi kemudian mengetik permasalahan kita, kemudian klik kirim. Kemudian kita akan diberi nomor antrian dan kode tiket. Catatlah kode tiket yang didapatkan.


Untuk layanan konseling online, dalam mendapatkan jawaban memang dibutuhkan waktu yang cukup lama. Saat saya mencoba layanan ini, pertanyaan saya dijawab dalam jangka waktu kurang lebih dalam seminggu setelah saya mengirimkan permasalahan saya.

Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan yang telah dikirim, pilih menu status konseling kemudian jika ada tulisan pertanyaan anda telah dijawab, masukkan kode tiket anda dan jawaban dari pertanyaan anda akan anda dapatkan.

Tentunya layanan konseling online ini cukup bermanfaat bagi masyarakat. Karena sangat mudah dalam mengaksesnya. Hanya saja jawabannya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan konseling secara langsung.
Sedangkan dalam mengikuti tes-tes psikologis yang ada, saya belum dapat memastikan apakah hasil yang didapat akurat atau tidak. Tapi yang saya tahu, situs ini diurus oleh orang-orang yang ahli dalam psikologi.

Mudah-mudahan saja, ke depannya lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang lebih canggih pada bidang psikologi dengan menggunakan internet dan semakin banyak kegunaan internet pada bidang psikologi. Amin yaa Robbal ‘alamiin.

Sekian pembahasan saya mengenai beberapa kegunaan internet dan penjelasan mengenai salah satu situs yang memanfaatkan internet untuk bidang psikologi. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan saya karena saya adalah manusia biasa yang tak pernah luput dari kesalahan.

Wassalamu ‘alaikum Wr.Wb.


14 komentar:

Ubi Singkong mengatakan...

wah ternyata ada y situs buat konseling online.
bisa curhat lebih private dong, daripada curhat di social network. hehe

Azizah Fathia mengatakan...

@ubi: iya dong, kan inovasi terbaru. daripada di jejaring sosial yg bkin 'galau' mlu :D

Ubi Singkong mengatakan...

:D
perlu di sosialisasiin ni situs nya di jejaring sosial. :D

Azizah Fathia mengatakan...

@ubi: ntar mau bkin situs sendiri ah kalo udh jago mecahin permasalahan orang :P

Ubi Singkong mengatakan...

hehe. .
oke-oke ditunggu bu psikolog. :P

Unknown mengatakan...

situs sendiri nya jangan lupa kerjasamanya sama anak tetangga yang satu kampus zah..

Azizah Fathia mengatakan...

@rahmi: :D iya rahmi.. ntar kan rahmi udh jadi ahli tuh TInya, ntar fasilitasin aku ya :D

Irina Elvandari mengatakan...

wah, layanan-layanan seputar psikologi ternyata sudah banyak yaa.. kita jadi semakin dimudahkan jika ingin berkonsultasi atau ingin mengikuti tes psikologi.

Unknown mengatakan...

internet dan psikologi, nice...

Ewing mengatakan...

uh uh uh.. bener bener keren tulisannya :)

Azizah Fathia mengatakan...

@irin: iya, perkembangan psikologi makin maju dan smoga lebih maju lagi ke depannya. Amin.

@nina: Thank you :)

@ewing: terima kasih :)

Novikawati Hasanah mengatakan...

keren deh e-konselingnya, gk mesti tau orgnya tapi solusinya udh ada :) (y)

Nunung Hairiyah mengatakan...

azizah,,keren-keren euy.. :)

Azizah Fathia mengatakan...

terima kasih :)

Posting Komentar