Rabu, 04 April 2012

Asal Usul Ubi.Singkong

Bismillahirrahmanirrahiim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ubi.Singkong ?? Apa itu ?? Pasti yang pertama kalian pikirkan itu Makanan, Umbi-umbian, atau mungkin kolak ?? :D
Bagi saya, Ubi.Singkong itu bukan sekedar umbi-umbian yang bisa dibikin kolak sehingga bisa dimakan. Mungkin bagi yang kenal saya udah ga asing dengan nama ubi.singkong di hidup saya :D karena, saya termasuk orang yang maniak dengan nama ubi.singkong. Jadi jangan heran kalo di binder saya, di Fb saya, nama bluetooth saya, nama blog saya (jika diartikan ke bahasa Indonesia) mengandung nama Ubi.Singkong. Sampe kekasih saya pun saya panggil ‘ubi’ dan saya pernah memakai sepatu dengan tulisan ubi.singkong. Ini belum seberapa, waktu SMA maniak saya terhadap nama ubi.singkong lebih parah ! setiap ada tulisan ubi atau singkong di manapun, slalu saya garis bawahi (mudah-mudahan itu masih dikatakan normal) :D
Trus kenapa sih mesti ubi.singkong ?? hanya saya, ALLAH, dan orang-orang tertentu saja yang tau.. (Penonton kecewa!!!) :D

Sekarang, saya ngebahas asal-usul ubi & singkong aja ya..
(Kalo asal jangan usul, kalo usul ga boleh asal) :D

Oke, kita bahas ubi dulu ya..
Karena ubi banyak jenisnya, saya memilih ubi jalar sebagai subjek saya dalam pembahasan ini.



Ubi jalar atau ketela rambat memiliki nama latin Ipomoea Batatas L. è (ngintip buku biologi SMA dikit) :D Tanaman ini adalah jenis tanaman budidaya. Banyak yang bisa dimanfaatkan dari ubi jalar, diantaranya umbinya yang mengandung karbohidrat yang tinggi, dan daun mudanya yang bisa dijadikan sayuran.Ubi jalar juga dapat dijadikan sebagai obat, diantaranya dapat mengobati penyakit kuning, pembengkakan, reumatik, asam urat, pegal linu, dan rabun senja.

Salah satu jenis ubi jalar yang popular adalah ubi cilembu (alias favorit saya, yummy!!).


Ubi cilembu adalah kultivar ubi jalar yang merupakan ras local asal kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi cilembu ini istimewa, kenapa ? ketika ubi ini dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis. Karena mengandung gula, ubi ini dapat dikonsumsi untuk menambah tenaga. Ubi cilembu juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu kalsium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan niacin.

Lalu, bener ga sih kalo ubi jalar itu bikin kentut-kentut ?
Ubi jalar itu mengandung karbohidrat kompleks (diantaranya oligosakarida) yang tidak bisa dicerna dengan sempurna oleh sistem pencernaan manusia. Akibatnya, pada saat masuk ke usus besar, karbohidrat yang tidak tercerna ini menjadi santapan bakteri, yang kemudian memproduksi gas sebagai sisa buangannya. Semakin banyak ubi yang dikonsumsi, makin banyak pula produksi gas di usus besar. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang susah buang angin.


Selanjutnya, kita lanjut ngebahas singkong ya..
Singkong memang sangat enak dijadikan keripik, sekarang ini juga sudah banyak usaha keripik singkong yang sangat digandrungi.


Singkong memiliki nama latin Manihot Utilissima è (nengok buku biologi SMA lagi) :D. Singkong ternyata cepat mengalami kerusakan meskipun disimpan di lemari pendingin, kenapa? Karena, singkong mengandung asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Hal itu ditandai dengan keluanya bercak biru tua pada singkong.
Singkong juga merupakan sumber energi yang kaya akan karbohidrat, tetapi sangat miskin protein. Tetapi, sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin. Singkong juga mengandung banyak gizi, yaitu karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, kalori, air, besi, lemak, vitamin B1, dan vitamin C.

Daun singkong juga dapat dijadikan obat,


diantaranya penyakit aterosklerosis (timbunan lemak di dinding pembuluh darah). Daun singkong juga mengandung cuprofilin yang dapat menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, lipida serum darah secara nyata. Klorofil pada daun singkong juga memiliki daya antioksidan dan antikanker.


Yaa.. mungkin sampai sini saja pembahasan saya kali ini. Ternyata ubi dan singkong itu juga banyak manfaatnya terutama untuk melengkapi kebutuhan gizi kita.
Semoga postingan saya ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Saya tunggu kritik dan saran yang menbangun dari teman-teman semua ^_^
Terima kasih atas perhatiannya..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Referensi:
Catatan biologi SMA
wikipedia.org
yahoo answer

6 komentar:

shanti wulan sari mengatakan...

ternyata makanan yg mampu membuat keturunan kita kembar banyak manfaatnya jg ya. :)

meinna kei mengatakan...

hahahahhaha..
azizaaah, bisa aja deeh..

Anonim mengatakan...

postingannya bermanfaat.
bahasanya komunikatif. (n_n)

saya bangga bisa jadi ubinya singkong :P :D

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

mg berguna gan.

Riri mengatakan...

bahasa ilmiah dari ubi jalar oren/kuning, ubi jalar putih ap y?

Unknown mengatakan...

Hi Selamat pagi guys, Masih Bingung Dan Ragu Pilih Agen Poker & DominoQQ Yang Terpercaya?
PIN BB : D61E3506
👉 Whatsapp : +85598249684
👉 Line : Sinidomino
judi poker

Posting Komentar