Jumat, 11 Oktober 2013

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA



PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).

Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. (Wikipedia, 2013)




PENGERTIAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Menurut Prof. Benny H. Hoed, struktur adalah bangun (teoritis) yang terdiri atas unsur-unsur yang berhubungan satu sama lain dalam satu kesatuan. (Wikipedia, 2013)
Kata kognisi menunjuk ke persepsi tentang dunia sekitar, beberapa aspek belajar, memori, berfikir, dan pengetahuan komprehension tentang lingkungan sosial kita, cara lain untuk mempertimbangkan kognisi adalah untuk mengatakan bahwa kognisi menunjuk ke proses informasi yang diterima melalui perasaan. (Riyanti, Prabowo, &Puspitawati, 1996).
Kognisi bisa didefinisikan sebagai aktivitas mental yang menggambarkan pemrolehan, penyimpanan, transformasi, & menggunakan kemampuan. (Materi Perkuliahan Psikologi Kognitif).
Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur bagian-bagian tubuh manusia yg menjadikan suatu sistem yang kompleks. (Warta Warga)



KAITAN ANTARA ARSITEKTUR KOMPUTER DENGAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Kaitan arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia terletak dari proses penyimpanan dan memory.
Pada perspektif kognitif dalam membahas cara berpikir manusia yang disebut HIP (Human Information Processing), proses berpikir manusia dianalogikan seperti proses kerja komputer, yang terdiri dari 3 tahap yaitu :

Pemrosesan mental dapat dimengerti dengan baik bila membandingkan pemrosesan info manusia dan komputer. (Materi perkuliahan psikologi kognitif)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ARSITEKTUR KOMPUTER DIBANDINGKAN DENGAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

ARSITEKTUR KOMPUTER
Kelebihan:
  1. Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
  2. Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
  3. Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan
  4. Menggunakan teknologi time sharring
  5. Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second)
Kekurangan:
  1. Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya
  2. Harganya sangat mahal
  3. Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
  4. Kerjanya sangat lama
  5. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar

STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Kelebihan :
  1. Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
  2. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
  3. Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan :
  1. Membutuhkan waktu yang cukup lama
  2. Terkadang sulit mengaplikasikannya dikehidupan sehari-hari, karena tergantung individu masing-masing dalam mengoptimalkan cara berpikir mereka

CONTOH KASUS
Pada arsitektur komputer:
Ketika mengirim foto dari handphone ke komputer. Foto yang terdapat di handphone (input) dikirim melalui bluetooth atau kabel USB, pada saat itu secara otomatis komputer akan memproses penerimaan foto tersebut (storage). Setelah proses pengiriman selesai, foto tersebut sudah terdapat di komputer (output).
Pada struktur kognisi manusia:
Saat seorang manusia melihat pohon. Pohon (input) merupakan stimulus diterima oleh mata, kemudian otak memproses pohon tersebut (storage). Setelah itu manusia dapat mempersepsikan bahwa itu adalah pohon (output).

ANALISIS
Arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia memiliki sebuah persamaan yaitu dalam prosesnya yang terdiri dari input => storage => output. Tapi disamping persamaan tersebut, terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh arsitektur komputer maupun struktur kognisi manusia.
Arsitektur komputer pada dasarnya bersifat menetap, namun dapat berkembang seiring waktu karena berkembangnya struktur kognisi manusia mengenai komputer.
Pada akhirnya, struktur kognisi manusia jauh lebih sempurna dibandingkan dengan arsitektur komputer karena struktur kognisi manusia merupakan ciptaan ALLAH SWT. Sedangkan arsitektur komputer hanyalah buatan manusia yang berfungsi untuk membantu manusia itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA
Riyanti, B. P. D., Prabowo, H., & Puspitawati, I. (1996). Psikologi Umum I. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Materi perkuliahan Psikologi Kogntif oleh Quroyzhin Kartika Rini, S.Psi., M,Psi.
Warta Warga. (2012). Analisa Perbedaan Struktur Kognisi Manusia dan Arsitektur Komputer. http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/analisa-perbedaan-struktur-kognisi-manusia-dan-arsitektur-komputer-2/. Diakses tanggal 8 Oktober 2013.
Wikipedia. (2013). Arsitektur Komputer. http://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur_komputer. Diakses tanggal 8 Oktober 2013.
Wikipedia. (2013). Struktur. http://id.wikipedia.org/wiki/Struktur. Diakses tanggal 8 Oktober 2013.

0 komentar:

Posting Komentar